Senin, 22 Januari 2018

Menikmati Pantai Pasir Putih Pacitan

Salah satu destinasi wisata yang tidak bisa dilupakan dan harusnya dikunjungi wisatawan adalah daerah wisata di Pacitan. Pacitan terkenal dengan kota seribu gua di Indonesia.

Ada banyak gua yang dapat dikunjungi sebagai tempat berlibur dan menghilangkan kepenatan.Selain banyaknya gua sebagai tempat wisata di Pacitan, banyak pantai pasir putih yang indah melengkapi pesona Pacitan.Pantai-pantai Pacitan merupakan salah satu yang terifndah di Pulau Jawa.Pacitan menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki kekayaan keindahan alam.

Menikmati Pantai Pasir Putih Pacitan

Lokasi tempat wisata di Pacitan sangat banyak mulai dari goa maupun pantai. Pantai-pantai di Pacitan antara lain Pantai Watukarung (berada di Watu Karung, kecamatan Pringkuku), Pantai Kali Uluh, Pantai Klayar (berada di kecamatan Donorojo), Pantai Banyu Tibo (berada di Widoro, kecamatan Donorojo), Pantai Buyutan (tidak jauh dari pantai Klayar yaitu di kecamatan Donorojo), Pantai Karang Bolong (terletak di Sendang, kecamatan Donorojo), Pantai Teleng Ria (pantai terdekat dengan kota Pacitan), Pantai Srau (berada di Candi, kecamatan Pringkuku).

Goa yang terkenal antara lain Goa Gong (menjadi goa terindah se Asia Tenggara), Goa Tabuhan (terdapat batu dapat dipukul dan berbunyi seperti alat musik gamelan), Kalak (Gua Pertapaan), dan Luweng Jaran (diduga kompleks gua terluas di Asia Tenggara).

Rute menuju lokasi tempat wisata di Pacitan khususnya yang menuju pantai, beberapa jalan yang dilalui cukup berkelok-kelok dengan ukurannya yang relatif kecil.banyak tanjakan dan turunan. Lebih nyaman jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan apabila tidak biasa berkendara di medan sulit disarankan untuk menggunakan jasa supir.

Pantai Kali Uluh merupakan salah satu pantai di Pacitan yang memiliki rute jalan sangat baik sebab lokasinya melalui jalur lingkar selatan. Anda bisa mengambil rute melalui JLS, sampai fly over gayam, belok kiri lewat pasar gayam, teruskan perjalanan sampai bertemu fly over, dan sesampainya di pertigaan masuk ke desa Klasem. Lanjutkan perjalanan sampai pertigaan kedua dan ambil lajur kanan sampai tiba di pantai Kali Uluh.

Tiket masuk tempat wisata di Pacitan tergolong murah karana rata-rata masuk lokasi wisata pantai berkisar Rp2.000,- untuk anak-anak dan Rp3.500,- untuk dewasa di hari biasa. Sedangkan hari libur Rp4.000,- (anak-anak) dan Rp5.000,- (dewasa). Berbeda untuk masuk ke pantai Klayar pengunjung harus membayar sekitar Rp5.000,- (anak-anak) dan Rp7.000,- (dewasa) di hari biasa dan Rp 10.000,- (dewasa) hari libur.

Harga tiket masuk goa rata-rata berkisar Rp3.000,- (anak-anak) dan Rp5.000,- (dewasa) di hari biasa, sedangkan hari libur Rp5.000,- (anak-anak) dan Rp7.000,- (dewasa). Tiket masuk ke Goa Gong berkisar sekitar Rp5.000,- (anak-anak) dan Rp10.000,- (dewasa) hari biasa dan Rp 12.000,- (dewasa) hari libur.

Meskipun cukup sulit perjalanan, fasilitas tempat wisata di Pacitan sangat baik.Wisata pantai memiliki pasir putih yang indah, batu karang, dan deretan pegunungan.Sedangkan wisata goa selain pemandangan dinding-dinding goa juga terdapat sarana dan prasarana yang baik seperti jalan setapak dengan pagar pembatas jalan dan lampu warna-warni dalam goa.

Fasilitas umum seperti tempat ibadah, kamar mandi, tempat makan, dan area parkir cukup banyak, bersih dan luas. Sedikit tips untuk kenyamanan berwisata di Pacitan yaitu gunakan kendaraan pribadi, bawalah barang secukupnya, jangan lupa barang penting (kamera, hand phone, tas jinjing), pilihlah rute-rute wisata yang sejalur, hindari jalan ramai (pergi lebih awal).


Baca JugaBukit Lawang Tangkahan

Menikmati Pantai Pasir Putih Pacitan

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top