Sabtu, 13 Januari 2018

Gunung Tangkuban Perahu, Tempat Wisata di Bandung Yang Legendaris

Siapa yang tidak kenal Gunung Tangkuban Perahu. Rasanya hampir semua orang mengetahui atau minimal pernah mendengar salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup populer ini. Objek wisata di Bandung yang terkenal dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi ini memang selalu menjadi destinasi tujuan wisata favorit baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Gunung Tangkuban Perahu, Tempat Wisata di Bandung Yang Legendaris

Berlokasi sekitar 20 Kilometer ke arah utara kota Bandung, objek wisata yang di kelola oleh Perum. Perhutani ini berada di ketinggian sekitar 2.084 Meter di atas permukaan laut. Berada di ketinggian seperti itu membuat suhu di Gunung Tangkuban Perahu sangat sejuk cenderung dingin.

Tidak hanya kesejukannya yang menyegarkan, Gunung Tangkuban Perahu juga di kelilingi oleh hamparan rimbun pohon pinus, kebun teh dan sayuran yang menghijau sejauh mata memandang.

Gunung Tangkuban Perahu, Tempat Wisata di Bandung Yang Legendaris


Bentuk Gunung Tangkuban Perahu sendiri cukup unik, yaitu memanjang dan menyerupai sebuah perahu terbalik. Dan, meskipun pernah meletus pada medio tahun 2013, namun gunung ini relatif masih aman untuk di kunjungi oleh para wisatawan.

Keindahan Kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki tiga kawah yang cukup terkenal yaitu, Kawah Ratu, Kawah Upas, dan  Kawah Domas. Kawah tersebut terbentuk oleh letusan Gunung Tangkuban Perahu beberapa tahun yang silam.
  • Kawah Ratu
Kawah Ratu yang memiliki ukuran terbesar di antara ketiga kawah tersebut mempunyai bentuk seperti mangkuk yang besar dan dalam. Kawah Ratu ini terbentuk oleh letusan pada tahun 1927. Kawah ini masih mengeluarkan zat azam yang berbahaya sehingga para pengunjung di larang untuk turun ke bawah mendekati kawah ini.
  • Kawah Upas.
Kawah Upas sendiri berbentuk cukup datar dan tidak terlalu dalam pada bagian bawahnya. Kawah Upas banyak di tumbuhi oleh pepohonan liar yang rimbun.
  • Kawah Domas
Sedangkan kawah terakhir, yaitu Kawah Domas, memiliki bentuk seperti cekungan. Keistimewaan kawah yang satu ini adalah adanya sumber air panas. Sumber air panas belerang ini apabila dibasuhkan ke tubuh di percaya mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.



Berbagai keindahan yang di tawarkan oleh objek wisata di bandung yang satu  ini tidak jarang membuat Gunung Tangkuban Perahu sering di jadikan tempat utntuk Foto Pre-Wedding, Pembuatan Film ataupun Syuting Video Klip.

Lokasi Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang masih aktif. Gunung ini berada dalam pengawasan Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Gunung ini berlokasi di Cikahuripan, lembang, Bandung Jawa Barat.

Untuk dapat menikmati pemandangan di Gunung Tangkuban Perahu, pengunjung harus membayar biaya retribusi yang tidak terlalu mahal. Berikut daftar biaya tiket masuk ke kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Kategori Turis Lokal Turis Asing
Tiket Senin-Jumat (Weekday) Rp 20.000 Rp 200.000
Tiket Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 30.000 Rp 300.000
Parkir Sepeda Rp 7.000 Rp 10.000
Parkir Motor Rp 12.000 Rp 17.000
Parkir Mobil Rp 25.000 Rp 35.000
Parkir Bus Rp 110.000 Rp 150.000


Untuk Jam Operasional, Tangkuban Perahu buka setiap hari dari senin sampai minggu,mulai pukul 07:00 hingga 17:00 Wib.

Rute Menuju Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk menuju ke tempat wisata di Bandung yang satu ini cukup mudah. Piknikers dapat menggunakan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Apabila menggunakan kendaran pribadi cukup dengan mengarahkan mobil atau motor yang piknikers bawa menuju ke arah Lembang, sesampainya di sana ambil arah ke Cikole dan kemudian di lanjutkan ke arah Gunung Tangkuban Perahu.

Kalau piknikers ingin menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan kendaraan umum yang menuju Terminal Lembang, sampai di sana dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum ke arah Cikole.

Cek google map yang ada di bawah ini sebagai panduan piknikers supaya tidak kesasar saat ingin menuju lokasi objek wisata Tangkuban Perahu.


Tempat Wisata Di Bandung Lainnya : Tebing Keraton, Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi


Demikian review yang bisa PiknikDulu.Com berikan untuk para piknikers yang ingin berkunjung ke tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman piknikers yang mungkin sedang merencanakan liburan.

Happy Piknik!

Gunung Tangkuban Perahu, Tempat Wisata di Bandung Yang Legendaris

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top