Jumat, 12 Januari 2018

Gunung Putri Lembang, Tempat Wisata Di Bandung Yang Apik

Gunung Putri Lembang – Bagi para penggemar wisata yang menyukai keindahan dan kesejukan nuansa alam pegunungan, banyak tempat wisata di Bandung yang menyajikan konsep wisata semacan ini. Salah satunya yang sedang menjadi trend dan sering di bagikan di social media adalah wisata alam Gunung Putri yang berada di sebelah barat kota Bandung. Tepatnya berada di daerah pegunungan Lembang.

Gunung Putri Lembang

Lokasi Gunung Putri Lembang.

Tempat wisata yang satu ini berada di daerah kabupaten Bandung Barat, tepatnya di daerah Jayagiri, Lembang. Berada di ketinggian 1.587 meter di atas permukaan laut membuat tempat wisata yang di kelola oleh Perum Perhutani ini memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan.

Gunung Putri Lembang yang dibangun oleh Belanda sekitar tahun 1913 hingga 1917 ini sangat cocok di kunjungi oleh para piknikers yang memiliki hobi berkemah.

Di puncak tertingginya, piknikers bisa melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian. Tidak hanya itu, piknikers pun bisa melihat barisan gunung lain yang ada di Barat, seperti Gunung Gede Pangrango, Gunung Manglayang, Gunung Cikurai.

 Dan saat cuaca sedang bagus, piknikers Tangkuban Perahu di sebelah barat dan Gunung Rakutak yang ada di sebelah selatan. Saat malam hari, piknikers juga dapat menyaksikan pemandangan ribuan bintang yang berkerlap-kerlip di langit berpadu dengan kelipan lampu-lampu di kota Bandung yang berada di bawahnya.

Pemandangan Malam Gunung Putri Lembang

Akses Ke Gunung Putri Lembang.

Untuk menuju ke Gunung Putri Lembang yang beralamat di :
Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Apabila menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan menuju Alun-alun Lembang. Dari Alun-alun lembang, ambil arah kiri menuju arah Gunung Tangkuban Perahu.

Kira-kira setelah sejauh 2,5 kilometer melewati Hotel Panorama Lembang, sebelum jalan menukik di sebelah kiri piknikers akan menemukan Jalan Gunung Putri, yang akan membawa piknikers menuju kampung Gunung Putri Lembang.

Bagi piknikers yang membawa kendaraan roda empat dapat memarkir kendaraanya di pos penjagaan.

Kalau ingin menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan bus DAMRI dari Terminal Leuwipanjang menuju ke arah Ledeng.

 Dari Ledeng piknikers dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum ke arah Lembang.

Sampai di Lembang, dapat di lanjutkan menggunakan ojek menuju lokasi Gunung Putri Lembang.

Supaya tidak tersasar, piknikers dapat menggunakan peta di bawah ini sebagai panduan arah, atau menggunakan aplikasi Global Positioning System yang ada di smartphone kamu dengan menggunakan koordinat Gunung Putri Lembang sebagai berikut : 6°47'56.1"S 107°37'41.5"E


Harga Tiket Masuk Ke Area Gunung Putri Lembang.

Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Putri Lembang, piknikers tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Hanya dengan retribusi sebesar Rp. 7.500,- per-orang kita sudah dapat menikmati keindahan dan kesejukan Gunung Putri Lembang. Kalau ingin sekalian berkemah, maka kita perlu mengeluarkan tambahan sebesar Rp.17.500,-.

Atraksi Wisata Gunung Putri Lembang.

Selain berkemah, pengunjung dapat menuju puncak tertinggi yang bernama Puncak Tugu untuk melihat pemandangan lepas ke arah kota bandung. Dan saat malam kita juga dapat menikmati pemandanga malam yang luar biasa.

Untuk yang memiliki hobi photography bisa hunting foto di jajaran hutan pinus yang berada di sebelah utara Gunung Putri. Kita juga bisa untuk bersantai sejenak di hammock yang di sediakan oleh pengelola sambal menikmati kesegaran hutan pinus.

 Selain itu, di Gunung Putri Lembang ini juga kita dapat menemukan sebuah benteng sisa sejarah peninggalan Kolonial Belanda. Sayangnya, benteng yang oleh masyarakat sekitar di sebut Benteng Gunung Putri atau Benteng Jayagiri ini sekarang dalam kondisi yang memprihatinkan. Tidak terawat dan ditutupi oleh gundukan tanan serta ilalang di mana-mana.

Benteng Jayagiri


Mesipun begitu, benteng yang dibangun pada masa perang dunia pertama ini konstruksinya masih terlihat kokoh.

Tips Berwisata Di Gunung Putri Lembang.

Usahakan untuk membawa bekal makanan, apalagi kalau piknikers berencana untuk camping di Gunung Putri. Jangan lupa juga untuk membawa jaket agar tidak kedinginan. Dan yang paling utama, selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.





 Jadi, kapan piknikers mau piknik ke salah satu tempat wisata di Bandung ini?

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel di PiknikDulu.Com, jangan lupa untuk mampir juga di artikel kami yang lain seputar tempat wisata di Bandung.    

Gunung Putri Lembang, Tempat Wisata Di Bandung Yang Apik

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top