Rabu, 10 Januari 2018

Derawan Selalu Menawan

Tempat Wisata Di Derawan - Derawan merupakan salah satu kepulauan (jadi bukan hanya sebuah pulau saja) yang memiliki rahasia keindahan alam Indonesia. Kepulauan Derawan berada di kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Ada empat pulau yang terkenal yaitu Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua, dan Kakaban.

Tempat Wisata Di Derawan

Pulau-pulau tersebut merupakan tempat wisata di Derawan andalan dari kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur karena memiliki ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting seperti terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau (hutan mangrove). Banyak juga spesies yang dilindungi seperti ikan lumba-lumba, ikan penyu, ikan paus, kima, duyung dan spesies ikan lainnya.

Lokasi Wisata Di Derawan


Ada banyak lokasi tempat wisata di Derawan yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai dan berlibur bersama teman maupun keluarga. Mulai dari Kota Tarakan, Danau Labuan Cermin, Pantai Derawan di Pulau Derawan. Di Pulau Maratua terdapat Rimba Mangrove, Tanjung Redeb, dan Pantai Maratua. Di Pulau Sangalaki terdapat pantai Sangalaki dan tempat penangkaran penyu. Di Pulau Kakaban yaitu ada Danau Kakaban, Batu Payung, dan Kehe Daeng.

Lokasi Wisata Di Derawan
Sumber : disbudpar.beraukab.go.id

Rute Menuju Tempat Wisata Di Derawan


Ada beberapa rute menuju lokasi tempat wisata di Derawan. Rute jalur darat, bagi pengunjung yang ada di daerah Kalimantan dapat melewati jalur Palangkaraya menuju kota Banjarmasin lalu Balikpapan kemudian menuju kota Samarinda, Tanjung Redeb, Tanjung Batu dan terakhir menuju Pulau Derawan.

Rute jalur udara, kamu bisa menuju kota Balikpapan, kemudian dapat melalui jalur Berau atau bisa melewati jalur Tarakan. Jalur Tarakan direkomendasikan untuk kamu yang pergi rombongan. Sedangkan jika kamu pergi sendiri akan lebih mudah melalui jalur Berau.
Pada jalur bareau kamu bisa menggunakan mobil travel menuju kota Tanjung Batu kemudian naik Speedboat menuju ke  Pulau Derawan.

Saat ini dari Tarakan sudah dibuka jalur udara menuju Pulau Maratua, sehingga rute tersebut juga mempermudah akses menuju pulau-pulau wisata lainnya seperti Derawan dan Sangalaki. Oleh karena itu, cukup mudah untuk dituju bagi Anda yang ingin berwisata menikmati keindahan alam Derawan.

Harga Tiket Tempat Wisata Di Derawan.


Harga tiket masuk tempat wisata di Derawan sebenarnya tidak ada patokan khusus. Semua tergantung Anda ingin menginap di mana, berapa lama, dan akomodasi yang akan Anda sewa. Cara paling mudah ialah dengan menggunakan jasa paket tour ke Derawan.

Contohnya paket tur selama 3 hari 2 malam, biaya yang dikenakan paling murah sekitar Rp 3.600.000 untuk 2 orang. Pengunjung  biasanya sudah mendapatkan free speedboat explore ke Pulau Maratua, Kakaban, dan Sangalaki, transportasi pulang dan pergi, penginapan, peralatan Snorkeling, makan, tiket ke kawasan kepulauan Derawan, dan asuransi Jasa Raharja.

Fasilitas Tempat Wisata di Derawan


Fasilitas tempat wisata di Derawan  antara lain resort bertaraf internasional dan penginapan yang sudah dilengkapi wifi/internet. Di Pulau Derawan terdapat fasilitas untuk snorkeling dan menyelam, pengunjung juga bisa bermain kano dan banana boat, dan  perahu layar. Resto dan cafĂ© pun banyak berderet di sekitar pantai, jadi tidak perlu khawatir jika kehabisan bekal atau tidak membawa bekal. Banyak juga toko aksesoris dan tempat oleh-oleh yang dapat dituju.

Beberapa tips untuk Anda yang ingin berwisata di Derawan yaitu pilihan menginap di Tanjung Redeb (suasananya indah), membawa perlengkapan seperlunya, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Bagi yang ingin berwisata dengan keluarga dan menginginkan paket hemat dapat mengikuti paket tour Derawan.

Anda juga dapat memesan penginapan atau homestay milik para penduduk Derawan jika ingin berlibur sendiri karena harganya cukup murah.


Baca Juga : Terminal Wisata Grafika Cikole

Derawan Selalu Menawan

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top