Minggu, 21 Januari 2018

Bukit Lawang Tangkahan

Salah satu destinasi wisata yang memberikan konsep konservasi alam adalah tempat wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan. Bukit Lawang dan Tangkahan merupakan dua daerah wisata di Langkat, Sumatera Utara. Di Tangkahan banyak habitat Gajah Sumatera, sehingga banyak turis lokal maupun manca negara yang selalu berkunjung.

Bukit Lawang Tangkahan

Selain dapat melakukan petualangan gajah dan memandikan gajah, pengunjung juga belajar menjaga alam dan menikmati ekosistem tanpa merusak, memburu, atau membunuh makhluk hidup.Di Bukit Lawang terkenal dengan arus sungai yang deras, tempat konservasi alam dan pengamatan Orang Utan Sumatera.

Lokasi tempat wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan sangat berdekakatan sehingga mudah dituju.Bukit Lawang merupakan kawasan wisata yang terdiri dari Sungai Barohok (wisata tubing dan rafting), Jembatan Wisma Leuser Sibayak, dan Hutan Taman Nasional Gunung Leuse (daerah pengamatan orang utan).

Lokasi tempat wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan

Bukit Lawang berada di Baharok, kabupaten Langkat bagian selatan.Tangkahan adalah kawasan konservasi yang terletak di tepi Taman Nasional Gunung Leuser, sekitar 20 km ke utara dari Bukit Lawang.Tangkahan berada di Batang Serangan, Kabupaten Langkat bagian utara.

Rute menuju lokasi tempat wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan cukup mudah. Untuk mencapai  Bukit Lawang bisa menggunakan bus  di Terminal Pinang Baris. Jika Anda tiba di Bandara Kualanamu, gunakan taksi menuju Terminal Pinang Baris. Dari terminal gunakan bus atau angkutan umum ke Bukit Lawang (sekitar Rp50.000,-).

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari kota Medan sekitar 2,5 jam perjalanan. Setelah sampai di Gapura PT. Langkat Nusantara Kepong ambil jalan menuju Rindu Alam Hotel, kemudian belok kanan masuk ke parkiran.

Untuk menuju Tangkahan bisa dari Medan yaitu tersedia bus umum menuju Tangkahan di Terminal Pinang Baris sekitar 5 jam. Jika menggunakan motor, bus atau mobil pribadi sekitar 3 hingga 4 jam.Kalau dari Bukit Lawang menuju Tangkahan bisa menggunakan motor/ mobil offroad karena jalannya yang berkerikil dan berlumpur.

Tiket masuk tempat wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan cukup terjangkau. Bagi yang membawa motor dikenai biaya parkir Rp10.000,- dan mobil Rp20.000,-. Tiket masuk per orang sekitar  Rp5.000,-. Jasa pemandu trekking sekitar Rp140.000,-/orang.

Untuk menyeberangi Jembatan Wisma Leuser Sibayak dikenakan biaya Rp.2000,-/orang. Di Tangkahan, tiket memandikan gajah berkisar Rp100.000,-/orang. Untuk kegiatan memandikan dan menunggangi gajah dibuka setiap hari kecuali hari jum’at. Jika ingin menyebrangi Jembatan Tangkahan membayar Rp3.000,-/orang.

Fasilitas tempat wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan sangat menarik dan cukup terjangkau. Fasilitas pengunjung Bukit Lawang yaitu penyewaan gubuk-gubuk atau lesehan dengan harga Rp.70.000,- (tergantung Anda menawar). Tersedia penginapan dengan harga terjangkau berkisar Rp150.000–Rp500.000,-/malam.

Harga makanan dan minuman masih relatif terjangkau.Di Tangkahan juga terdapat penginapan yang terjangkau berkisar Rp100.000,-Rp300.000,-/malam.Penginapan dikelilingi oleh aliran Sungai Buluh dan Sungai Batangn sehingga pengunjung bisa bersantai atau sekedar duduk-duduk memandangi pemandangan.

Di Tangkahan pun ada pemandu wisata yang siap mengantarkan ke berbagai tempat yang ingin dikunjungi.

Beberapa tips untuk melakukan perjalanan wisata ke Bukit Lawang dan Tangkahan yaitu siapkan tenaga dan uang yang cukup, berangkat pagi hari, jika menggunakan kendaraan umum pilih antara bus, minibus atau taksi, jika menggunakan kendaraan mobil lebih baik jangan sedan (jeep, minibus atau van), kenakan pakaian nyaman (pakai alas kaki atau sepatu), siapkan senter dan alat komunikasi yang sesuai.



Baca JugaWisata Sandboarding, Tempat Wisata Di Jogja Yang Fenomenal

Bukit Lawang Tangkahan

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top